Sedang memuat Penyebab, Ciri-Ciri dan Cara Mengatasi Keputihan Abnormal Secara Alami ...

Penyebab, Ciri-Ciri dan Cara Mengatasi Keputihan Abnormal Secara Alami

Cara Mengatasi Keputihan Abnormal Secara Alami – Keputihan adalah suatau hal yang sudah tak asing lagi di dengar oleh setiap perempuan. Meski cairan keputihan ini sebenarnya merupakan tanda bahwa organ intim masih memproduksi zat yang mampu menjaga Miss V tetap sehat. Akan tetapi bilamana warnanya yang semula putih bening dan kental menjadi sedikit kecoklatan atau warna lain penderita harus lah waspada dan segera menindak lanjuti masalah tersebut.

Pada umumnya perubahan warna keputihan akan diikuti dengan rasa nyeri keterusan, gatal dan bau yang tak sedap. Ini pertanda bahwa keputihan sudah tidak normal lagi atau sering disebut abnormal. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas keseluruhan mengenai keputihan mulai dari cara mengatasi keputihan hingga apa penyebab keputihan itu. Silahkan simak hingga usai untuk memperoleh pengetahuan yang sangat bermanfaat ini.

Sebelum lebih lanjut alangkah baiknya bila anda mengetahui bagaimana ciri-ciri keputihan normal dan tidak normal.

Keputihan Normal: Jumlah cairan sedikit, encer, tidak lengket, warnanya bening, tidak terasa gatal atau nyeri, dan yang paling menonjol ialah tidak berbau (amis/busuk). Bila ciri tersebut terjadi pada anda sebaiknya tenang karena itu merupakan gejala normal yang setiap bulan bisa terjadi sebelum atau setelah menstruasi. Adapun faktor lain munculnya keputihan normal yakni adanya rangsangan. Karena tindakan ini merupakan fisiologis penderita pun harus tenang menghadapinya. Apabila dirasa mengganggu cobalah untuk membersihkan area vagina dengan air bersih dan langsung berganti pakaian dalam.

Keputihan Abnormal: Meninggalkan bercak pada CD karena jumlahnya yang banyak, kental, lengket, berwarna putih kecoklatan kuning dan kehijauan. Dan yang paling menonjol ialah munculnya bau menyengat yang tak sedap serta rasa nyeri dan gatal yang mengikutinya. Bila anda atau kerabat terdekat mengalami gejala tersebut disarankan untuk segera mengkonsultasikannya pada ahli kesehatan terdekat sebelum nantinya semakin parah saja. Keputihan abnormal kerap terjadi pada ibu hamil dan setelah melahirkan.

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Daun Sirih

Tumbuhan ini memang telah lama dipercaya sebagai bahan unggulan dalam mengatasi keputihan. Terbukti pada produk cairan pencuci vagina ternama pasti di dalamnya terkandung bahan alami berbahan dasar daun sirih. Namun baiknya kita membuanya sendiri tanpa dicampur dengan bahan kimia, caranya rebus 2 gelas air dengan beberapa lembar daun sirih segar. Setelah mendidih angkat dan saring air rebusan tersebut kemudian minum hangat-hangat 2-3 kali sehari hingga dirasa cukup. Bila teratur bisa dipastikan Miss V akan terhindar dari bakteri jahat dan kebersihannya pun akan terjaga.

Kunyit

Menjadikan air perasan kunyit sebagai minuman sehari-hari mendampingi air putih pun juga baik untuk kesehatan vagina, terutama bila terjadi keputihan yang tidak normal. Karena di dalam tumbuhan kunyit terkandung senyawa antibiotik alami yang mampu mencegah bakteri masuk dan berkembang pada area intim wanita.

Jus Lemon dan Bawang Putih

Cara menghilangkan keputihan selanjutnya yakni dengan metode konsumsi jus lemon dan bawang putih. Kandungan dikedua bahan tersebut sudah terbukti mampu mencegah sekaligus mengobati permasalahan tubuh manusia akibat bakteri. Peraslah beberapa buah lemon dalam satu gelas, kemudian tambahkan satu siung bawang putih yang telah ditumbuk halus. Minum sesering mungkin agar keputihan abnormal anda segera cepat teratasi.

Lidah Buaya

Cara alami selanjutnya yang bisa anda pilih adalah dengan lidah buaya. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman berbahan atau bercampur dengan lidah buaya secara rutin setiap hari dipercaya mampu mencegah keputihan tidak normal menjadi semakin parah. Karenanya tumbuhan ini sangat dianjurkan oleh para ahli.

Pisang

Berbeda dengan bahan sebelumnya yang konsumsinya harus dicampur dengan air agar mudah digunakan, penggunaan pisang tidaklah sulit. Agar vagina terhindar dari bakteri jahat yang memicu munculnya keputihan tak normal ladies hanya perlu memakan buah pisang secara rutin setiap hari( itung-itung sebagai pengganti snack). Niscaya keputihan akan kembali berfungsi normal dengan semestinya.

Baking Soda

Munculnya masalah keputihan memang amatlah mengganggu penderitanya. Tak heran bila banyak yang menginginkan cara cepat untuk menghilangkannya. Nah menjawab semua itu kami sarankan untuk menggunakan baking soda sebagai bahan campuran pada bak mandi/bathub anda. Caranya tuangkan beberapa sendok baking soda pada bak mandi dan aduk hingga tercampur rata barulah pakai air tersebut untuk berendam sejenak. Lakukan metode ini dengan rutin agar masalah keputihan cepat teratasi.

Cuka Apel

Anda juga bisa mendapatkan manfaat terbaik dengan mengkonsumsi cuka apel yang dicampur dengan air minum satu kali saja dalam sehari. Namun biasakan perawatan ini secara rutiin setiap hari yaa. Kandungan sari apel di dalamnya mampu meningkatkan dan menyeimbangkan jumlah pH pada vagina, sehingga vagina pun bebas dari bakteri.

Makan Yogurt

Bakteri tak baik pada vagina akan memicu munculnya infeksi sehingga keputihan pun tak bisa dihindarkan. Untuk itu anda perlu meningkatkan sistem probiotik dalam diri anda salah satunya dengan mengkonsumsi yogurt secara rutin. Banyak para pakar organ kewanitaan yang menyarankan cara mengatasi keputihan dengan metode tersebut.

Cara Mengobati Keputihan Abnormal

Cara Mengobati Keputihan

Mengatur Pola Hidup Yang Sehat

Maksud dari pola hidup yang sehat ialah menghindari segala kegiatan yang memicu munculnya masalah tubuh seperti terlalu sering begadang, banyak aktivitas di luar, kurangnya olahraga, konsumsi alkohol, dsb. Jadi pablila anda tak ingin dijangkiti permasalahan atau penyakit seperti keputihan abnormal alangkah baiknya anda menghindari segala kegiatan tersebut. Okee??

Olahraga Dengan Teratur

Kebanyakan wanita memang lebih senang menghabiskan waktunya dengan kegiatan yang maaf (kurang bermanfaat) bagi tubuh seperti shoping, spa, dll. Memang sih semua itu perlu untuk menunjang penampilan. Namun perlu diingat pula semua kegiatan tersebut harus diselingi dengan olahraga yang cukup .

Menggunakan Pembalut Yang Benar/Tepat

Dan yang paling utama dalam langkah mengatasi keputihan pada wanita ialah dengan selalu memperhatikan cara penggunaan pembalut yang tepat. Lalu bagaimana sih caranya?? Saat menstruasi tentu darah yang menempel pada pembalut kelamaan akan semakin banyak. Tentu bila dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan efek tertentu salah satunya ialah keputihan abnormal. Untuk itu sebisa mungkin cobalah untuk mengganti pembalut paling tidak 4 jam sekali terutama saat memasuki awal periode menstruasi. Dengan demikian keputihan pun akan segera teratasi dan aktivitas keseharian anda pun akan kembali normal tanpa adanya gangguan rasa gatal ataupun nyeri di daerah kewanitaan.

Selalu Menjaga kebersihan dan Kelembapan Area Vagina

Tak jarang wanita menyepelekan hal satu ini, padahal kuman atau bakteri penyebab keputihan akan lebih cepat tumbuh ketika area vagina itu cenderung kotor dan lembab. Upayakan untuk selalu melakukan perawatan/pembersihan di area intim secara berkala seperti dengan penggunaan produk sabun kewanitaan. Dan tak lupa sesegera mungkin untuk mengeringkannya selepas melakukan aktivitas yang dirasa menimbulkan efek lembab, misalnya: mandi, renang, setelah berhubungan sex, selepas olahraga, dan sebagainya. Saat mencuci vagina sebaiknya dilakukan dari arah depan ke belakang.

Penuhi Asupan Makan Yang Sehat

Obat keputihan sendiri sebenarnya bisa kita peroleh dari kebiasaan kita ketika makan sehari-hari. Hindari makanan yang mengandung minyak berlebih dan biasakan untuk mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Misalnya sayur-sayuran, buah, biji-bijian dan susu. Dengan begitu sistem imun atau kekebalan tubuh anda pun akan selalu terjaga dengan baik dan keputihan akibat bakteri maupun jamur.

Hindari Stres Berlebih

Stres mungkin sudah menjadi kodrat kita dalam menjalani kehidupan ini, ntah karena tuntutan pekerjaan, masalah dirumah atau lainnya. Namun stres berlebihan dalam jangka waktu yang lama pun sebenarnya dapat menimbulkan pengaruh buruk bagi kesehatan. Keputihan akan mudah menjangkiti kita ketika tubuh tidak dalam kondisi yang fit. Sudah semestinya kita menghindari semua itu dengan kegiatan positif untuk sedikit meringankan beban pikiran yang ada. Contohnya dengan berkumpul bersama sahabat, olahraga, atau kegiatan lainnya yang anda senangi. Meski kegiatan seperti ini tidak selalu menyelesaikan permasalahan yang ada paling tidak mampu mengembalikan mood anda.

Memakai Pakaian Yang Bersih dan Tidak Ketat

Memakai pakaian dalam ataupun luar dalam kondisi selalu bersih merupakan cara menghilangkan keputihan paling efektif. Apalagi bila diikuti dengan tidak menggunakannya celana yang ketat. Tentu hal yang mudah dilakukan namun sulit untuk dibiasakan bukan?? Namun ingatlah akan kesehatan area intim anda.

Cukupi Kebutuhan Air Mineral

Air mineral mengandung beberapa senyawa baik yang mampu menghindarkan tubuh dari serangan kuman dan bakteri. Karenanya dengan mencukupi kebutuhan air mineral minimal 8 gelas perhari dipercaya menjadi cara mengatasi keputihan secara alami paling ampuh.

Hindari Penggunaan Pelumas Ketika Berhubungan Seksual

Bahan kimia dalam pelumas sex tentu membawa efek tidak baik pada vagina bila terlalu dilakukan secara terus-menerus. Jadi hindarilah penggunaan bahan ini dengan mengganti metode lain yang dirasa lebih aman.

 

Kenali Penyebab Keputihan Sejak Dini

Berikut beberapa hal yang kemungkinan besar menjadi penyebab utama munculnya masalah keputihan yang menjangkiti anda:

1. Infeksi Bacterial Vaginosis

Di dalam daerah kewanitaan wanita terdapat bakteri jahat yang mampu mengubah keputihan normal menjadi berbau /condong amis, berbentuk kental, perubahan warna cairan dan sebagainya. Meski perubahan akibat infeksi bacterial vaginosis ini tak mesti terjadi namun kita tetap harus waspada terhadapnya. Caranya yakni dengan menghindari melakukan oral sex dan berhubungan suami istri dengan pasangan yang berganti-ganti.

2. Infeksi Jamur

Meski dalam setiap vagina pasti terdapat jamur yang hidup, namun bila perkembangannya sudah tidak dapat terkontrol maka resiko keputihan pun akan semakin besar. Munculnya jamur ini biasanya akan diikuti dengan munculnya rasa panas, gatal, dan perubahan warna cairan vagina menjadi kekuning-kuningan. Infeksi jamur ini biasanya bermula dari terlalu sering penggunaan obat kontrasepsi, diabetes, dan kehamilan.

3. Infeksi Trichomoniasis

Banyak laporan menyebutkan kalau jenis infeksi satu ini dapat menular melalui kontak seksual serta pemakaian handuk secara bergantian. Yang paling menonjol dari infeksi trichomoniasis ialah perubahan warna keputihan menjadi condong berwarna kehijauan dan kekuningan.

4. Radang Panggul

Hubungan seksual yang tak sehat apalagi sering berganti pasangan memang meningkatkan resiko munculnya beragam penyakit. Karena kuman akan semakin senang bersarang di dalam Miss V sehingga keputihan tidak normal pun dapat menyerang dengan diikuti bau mengganggu yang tak sedap.

5. Kanker Serviks

Penyakit ini dalam istilah kedokteran ada yang menyebut Human Papillomavius/HPV. Kegiatan yang paling memicu infeksi satu ini tak lain ialah kontak sosial. Karena saking parahnya penyakit ini, selain menyebabkan keputihan tak jarang penderita juga mengalami pendarahan hebat.

Makanan Penyebab Keputihan

Makanan Penyebab Keputihan

Di masyarakat luas ada beberapa anggapan mengenai makanan penyebab keputihan yang sangat dipercayai oleh mereka, namun benarkah itu sebuah fakta atau hanyalah sebuah mitos belaka?? Bahkan karena sangat percayanya, mereka berusaha menghindari konsumsi berbagai makanan ini. Nah biar kita tidak salah dalam memahami anggapan tersebut marilah kita simak ulasan penjelasannya di bawah ini.

Nanas

Makanan pertama yang dianggap sebagai penyebab keputihan adalah nanas. Namun fakta sesungguhnya adalah, tidak ada kaitannya antara buah ini dengan munculnya keputihan. Nanas sendiri bahkan merupakan buah yang kaya akan vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan. Di dalam nanas terkandung asam amino, triptophan yang bermanfaat untuk menghindari depresi, adapun antioksidan dan betakarotin yang terdapat pada buah warna kuning ini terbukti mampu meningkatkan daya konsentrasi dan mencegah risiko mata katarak.

Timun

Banyak yang mempercayai jika buah satu ini merupakan salah satu makanan penyebab keputihan pada wanita. Padahal fakta sebenarnya, buah yang mengandung air cukup tinggi ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Vitamin A, B, C, mangan, magnesium, mineral, kalium dan silika sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, merawat kulit dan mengobati diabetes. Selain itu, di dalam timun juga terkandung asam malonat yang berguna untuk mengurangi berat badan, adapun kandungan kukurbitasin C-nya mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terjangkit penyakit hepatitis.

Pisang Ambon

Berdasarkan penelitian beberapa pakar ditemukan fakta, bahwa tidak ada hubungan antara pisang Ambon dan keputihan. Pisang Ambon memang tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebih oleh wanita lajang, mengingat kandungannya yang dapat menaikkan libido.

Minuman bersoda

Di dalam minuman bersoda terdapat kandungan gula berlebih yang bisa memicu pertumbuhan berbagai jamur. Salah satunya adalah jamur candida albicans, yaitu mikroorganisme yang dapat memicu keputihan, hal ini sesuai dengan dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh The Departement of Health And Human Service di Amerika Serikat. Oleh karenanya alangkah lebih baik untuk menghindarinya apalagi ketika keputihan terjadi saat hamil.

Buah yang dikeringkan

Di dalam buah yang dikeringkan umumnya mengandung gula fruktosa yang tinggi yang dapat memicu perkembangan jamur dan membuat keputihan tidak normal lagi.

Keju

Makanan ini merupakan makanan yang dihasilkan dari hasil fermentasi yang dapat memicu kemunculan jamur dan dapat menginfeksi dan menyebabkan keputihan tidak normal. Dan jenis makanan hasil fermentasi lain yang sangat tidak dianjurkan ialah pasta tomat, jamur dan bir.

Terong

Terong mempunyai kandungan phycocynanin yang menyehatkan dan dapat membantu proses penyembuhan berbagai penyakit, seperti alzheimer, parkinson dan huntington. Di dalam terong juga terkandung resveratrol yang baik untuk mencegah penyakit jantung.

*Kesimpulan:

Dari data di atas tentu kita dapat mengambil kesimpulan mengenai makanan penyebab keputihan tidak normal pada wanita. Dari berbagai buah-buahan segar tidak ada yang memicu keputihan abnormal. Umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, parasit atau virus. Makanan jenis tertentu dapat memungkinkan perkembangan jamur yang menyebabkan keputihan terganggu. Makanan tersebut di antaranya:

Makanan yang mengandung banyak gula. Karena makanan ini mengandung karbohidrat berlebih yang menyimpan gula dan tidak semuanya dibutuhkan oleh tubuh. Contoh makanan ini sepereti soda, alkohol, dan minuman dengan kandungan gula tambahan yang berlebih.
Makanan mengandung ragi/jamur. Makanan seperti ini dapat memicu keputihan berlebih. Hindari makanan hasil fermentasi seperti keju, pasta tomat dan jamur.
Buah-buahan yang dikeringkan. Buah yang telah dikeringkan ternyata menghasilkan glukosa dengan kadar cukup tinggi sehingga bagi wanita jika ingin mengonsumsi agar dibatasi karena merupakan salah satu makanan penyebab keputihan berlebih.

Sekian info kesehatan dan kecantikan yang dapat solusicantikku.com bagikan kali ini. Semoga dapat menambah wawasan para pembaca mengenai apa penyebab, ciri-ciri dan juga cara mengobati keputihan yang tidak normal. Untuk mengetahui bacaan menarik lainnya jangan enggan untuk mengunjungi bagian home website kami. Terimakasih.

 

Kata Kunci Masuk:

  • yhs-1
  • cara mengecilkan rahang yang besar
  • merk masker untuk menghilangkan flek hitam
  • alat pengecil paha dan bokong
  • cara mengecilkan rahang pipi
  • warna rambut yang cocok untuk muka bulat warna kuning langsat
  • tidak selamanya berambut pirang itu nakal
  • mengecilkan rahang pipi
  • mengecilkan rahahng
  • memutihkan tangan pria yang coklat
  • memutihkan ken
  • cara meniruskan rahang yang besar
  • bokeporang
  • bagaimanakah mengecilkan rahang muka yang besar
  • cara mengecilkan rahang wajah bawah
  • cara alami memutihkan kening yang hitam
  • cara mengecilkan rahang wajah lebar
  • cara mengecilkan rahang wajah yang lebar
  • cara mengecilkan rahanng p
  • cara mengecilkan wajah lebar karena rahang
  • cara mengecilkan rahang permanen
  • cara mengecilkan rahang muka
  • cara mengecilkan rahang dengan cepat
  • cara mengecilkan rah
  • Cara agar mengecilkan rahang lebar
  • cara memutihkan kening yang hitam secara alami
  • cara memperkecil rahang yang agak besar
  • cara memperkecil rahang secara alami
  • CARA MEMBENTUK KENING DENGAN CEPAT DAN CANTIK
  • Cara alami mengecilka rahang
Penyebab, Ciri-Ciri dan Cara Mengatasi Keputihan Abnormal Secara Alami | Ria | 4.5
/* */