Sedang memuat Tips Puasa Bagi Ibu Hamil Agar Bayi Tetap Sehat ...

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil Agar Bayi Tetap Sehat

Puasa Bagi Ibu Hamil – Bagi ibu hamil mungkin ingin melakukan ibadah puasa seperti biasanya sesaat sebelum mereka mengandung. Tetapi ada beberapa orang yang menganggap bahwa puasa saat hamil itu tidak diperbolehkan, karena mereka tidak ingin kalau bayi yang dikandungnya nanti mengalami sesuatu yang tidak diinginkan. Maka dari itu ada juga beberapa dari ibu yang tidak berpuasa saat bulan suci Ramadhan, karena demi menjaga kesehatan si baby tadi.
Siapa sih yang tak menginginkan baby kecil ini lahir dengan sehat dan juga cantik apalagi ganteng? Semua orang tua pasti menginginkan hal yang sama, jadi tak heran jika ibu menginginkan yang terbaik buat anaknya nanti.

Puasa Bagi Ibu Hamil

Puasa Untuk Ibu Hamil

Sebenarnya sih tidak ada masalah bagi ibu hamil melakukan puasa pada saat Ramadhan tiba, terutama bila kondisi tubuh si ibu fit dan juga sehat apalagi sebelumnya sudah melaksanakan pemeriksaan ataupun konsultasi dengan dokter terpercaya. Maka bisa dikatakan puasa untuk ibu hamil boleh dijalankan. Beberapa penelitian mengatakan bahwa berat badan bayi tidak dipengaruhi oleh kondisi berpuasa atau tidak, begitu halnya dengan IQ sang calon bayi.

Jadi hal ini tidaklah berbahaya bagi sang janin. Meski sampel darah ibu hamil yang berpuasa maupun yang tidak memang menunjukkan perubahan, tetaplah tidak akan mengganggu kesehatan ibu dan anak. Nah mom berikut ini kami akan menjelaskan tentang tips puasa bagi ibu hamil, terus ikuti yaa ..

• Sahur Untuk Ibu Hamil

a) Sebaiknya tidak memakan makanan yang manis ketika sahur agar tidak merasa lemas atau cepat lapar akibat insulin shock.
b) Makanan yang pedas tidak disarankan bagi ibu yang sedang mengandung.
c) Minum air putih sebanyak banyaknya.
d) Agar BAB lancar maka sangat disarankan untuk menyediakan buah-buahan yang segar pada menu sahur ibu hamil. Karena dapat mencegah potensi wasiar yang sering terjadi pada ibu hamil.
e) Meminum segelas susu ketika sahur dapat mengurangi ancaman animea bagi ibu hamil.

• Puasa Untuk Ibu Hamil

Hal paling baik untuk ibu hamil adalah saat ia menjalankan puasa dengan niat dan hati yang gembira sehingga resiko stress menjadi lebih kecil. Bagi ibu hamil yang sedang berpuasa hendaknya beristirahat secukupnya. Jika terjadi hal-hal seperti dibawah ini sebaiknya batalkan puasa anda.
a) Muntah-muntah lebih dari 3 kali dan diare yang diikuti rasa mulas dan melilit.
b) Mengalami keringat berlebih, khususnya keringat dingin pertanda bahwa kondisi fisik ibu hamil sudah tidak kuat lagi untuk berpuasa.
c) Pusing, lemas disertai dengan mata berkunang-kunang pertanda hipoglikemia dikhawatirkan janin mengalami kekurangan gizi.
d) Saat mengalami mimisan karena pembuluh darah pecah yaitu bisa dikatakan kondisi tubuh tidak stabil.

• Buka Puasa Bagi Ibu Hamil

Berbuka dengan yang manis diperbolehkan karena untuk meningkatkan gula darah tetapi harus dibatasi. Agar kerja lambung normal maka disarankan tidak minum yang dingin. Setelah makanan sudah “turun”, bagi ibu yang mengandung dianjurkan untuk makan dengan porsi yang lebih besar lagi. Lalu sebelum tidur, juga disarankan untuk makan ringan dan minum minunam hangat agar tubuh dapat memproses produksi ASI.

Nahh baiklah itu tadi adalah beberapa tips yang bisa saya berikan kepada anda yang sedang hamil tetapi ingin berpuasa. Sebelum anda melaksanakannya lebih baik anda cek dan berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya. Jika sudah dan keputusan yang diberikan baik maka anda boleh melakukan puasa selama bulan Ramadhan.

Semoga wacana kali ini mampu menjawab pertanyaan bolehkah ibu hamil berpuasa. Semoga bermanfaat bagi anda dan juga dapat membantu anda dalam menemukan solusi. Jaga terus si dede bayi biar besarnya pinter dan juga menjadi anak yang sholeh sholehah. Aamiin Ya Rabb ..

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil Agar Bayi Tetap Sehat | Ria | 4.5
/* */